Cara Membersihkan Virus di HP Supaya Aman

www.gurudzgn.comSmartphone atau HP sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Hampir setiap orang memiliki smartphone atau setidaknya satu setiap keluarga. HP terkadang mengalami kendala seperti lemot, baterai cepat habis, aplikasi sering crash dan sebagainya. Hati-hati karena hal tersebut bisa disebabkan serangan virus.

Cara Membersihkan Virus di HP Supaya Aman

Menggunakan aplikasi pelindung HP atau aplikasi anti virus bisa untuk menghindari munculnya virus, namun jika virus terlanjur masuk harus segera diatasi. Virus yang menyerang HP perlu segera diatasi, jika tidak bisa menimbulkan berbagai masalah.

Mulai dari mengganggu aktivitas dalam penggunaan, mengurangi penggunaan memori dan yang terburuk hilangnya data di dalamnya. Karenanya adanya virus  pada HP akan mengganggu stabilitas HP tersebut.

 

Cara Membersihkan Virus di  HP

Namun jangan terlalu khawatir karena serangan virus dapat diatasi dengan cukup mudah. Berikut cara-cara membersihkan virus di dalam HP yang bisa Anda lakukan sendiri.

 

Menghapus Aplikasi Berbahaya

Coba cek semua aplikasi dalam HP, adakah aplikasi yang tidak dikenali atau belum lama diunduh secara sembarangan. Bisa jadi itu aplikasi berbahaya yang membawa virus.

Biasanya aplikasi ilegal yang tidak terdapat dalam platform resmi. Maka dari itu, lebih baik segera hapus aplikasi tersebut

Jika sudah dihapus, restart HP dan coba gunakan seperti biasa. Jika performa HP kembali membaik sudah pasti aplikasi tersebut memang sumber virusnya, agar tidak mudah kemasukan virus sebaiknya hindari menggunakan aplikasi tidak jelas apalagi diinstal secara ilegal.

 

Membersihkan Cache

Membersihkan cache secara berkala dapat dilakukan untuk menghindari adanya virus yang menumpuk pada HP Anda. Cache adalah sisa sampah yang muncul dari akses sejumlah aplikasi.

Cache akan menumpuk dan memenuhi ruang penyimpanan HP. Pastikan membersihkan cache dengan benar untuk membasmi virus.

Mengingat cache bisa menjadi sarang virus, Anda harus membersihkannya pada setiap aplikasi. Bisa dengan mengecek di dalam aplikasi yang sudah diunduh atau pada ruang penyimpanan HP. Menghapus cache ini cukup efektif menghilangkan virus pada HP.

 

Gunakan Penghapus Virus

Cara selanjutnya dengan menggunakan bantuan aplikasi penghapus virus. Cara ini dilakukan jika dua cara sebelumnya tidak berhasil. Aplikasi penghapus virus akan membantu mendeteksi adanya virus dan menghilangkannya. Jadi Anda tidak perlu khawatir adanya virus pada HP lagi.

Namun perlu berhati-hati dalam memilih aplikasi penghapus virus. Pastikan merupakan aplikasi legal dan diinstal secara legal pula. Sebab aplikasi penghapus virus ilegal cenderung membawa virus yang justru berbahaya.

 

Setel Ulang HP

Cara paling ekstrim untuk membersihkan virus HP  adalah mereset atau menyetel ulang HP. Cara ini dilakukan jika virus membandel dan cara-cara lain tidak berhasil dilakukan. Cara yang mudah dilakukan dan praktis namun juga berisiko kehilangan data.

Sebelum melakukan reset HP lebih dulu pastikan telah mencadangkan sejumlah data penting. Sebab reset HP akan menghapus semua data dan aplikasi yang ada pada HP. Karenanya untuk data-data penting sebaiknya dicadangkan agar tidak hilang.

 

Itu dia beberapa cara membersihkan virus pada HP. Jadi jika muncul kendala yang diduga karena virus tidak perlu bingung karena Anda bisa mengatasinya sendiri. Jadi tidak perlu lagi bingung membawa HP Anda ke tukang perbaikan HP.

Mencegah munculnya virus akan lebih baik dilakukan yakni dengan menggunakan pelindung HP atau anti virus.

Selain itu untuk menghindari virus, pastikan tidak mengunduh aplikasi ilegal secara sembarangan. Unduh aplikasi hanya melalui platform resmi yang lebih terlindungi keamanannya.

Rafiqi, S.Kom.
Rafiqi, S.Kom. Saya adalah seseorang yang menyukai design, baik web design atau-pun graphic design yang mencoba menjadi sosok yang lebih baik dan bermanfaat untuk orang lain.

Tidak ada komentar untuk "Cara Membersihkan Virus di HP Supaya Aman"