Cara Factory Reset Android Semua Merek

www.gurudzgn.com - Dengan cara factory reset Android, kita bisa mengembalikan performa HP lemot jadi lancar lagi. Tapi cara ini harus dibayar dengan menghapus semua data aplikasi, video, foto, dan chat di dalam smartphone kita.

Factory Reset Android Semua Merek

Reset HP adalah cara terbaik yang bisa dilakukan waktu kita sudah putus asa dengan HP sering lag, sering muncul iklan tidak jelas, atau waktu mau jual HP tapi malas hapus data satu per satu. Walaupun akan menghilangkan seluruh datanya, tapi metode ini sangat efektif dan ada gunanya juga.

Nah, berikut ini kami akan jelaskan bagaimana cara factory reset Android semua merk.

 

2 Cara Factory Reset Android

Semua smartphone Android selalu dilengkapi dengan fitur factory reset atau setelah pabrik di dalamnya, Hanya saja setiap brand punya cara agak berbeda untuk mengakses menu reset HP.

Hal ini dikarenakan setiap brand punya nama menu di pengaturan yang berbeda-beda. Tapi kalau kita sudah tahu langkah-langkah secara umum, apapun merk HP-nya punya urutan yang sama ketika mau dikembalikan ke setelan pabrik.

Setiap Android pun punya 2 cara reset pengaturan pabrik, yaitu langsung dalam kondisi HP nyala atau dalam kondisi HP mati.

 

Cara Restart Android Tanpa Tombol Power

Kalau tombol power Anda rusak tapi kondisi HP-nya masih menyala, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu diikuti untuk melakukan factory reset.

  1. Pertama, masuk ke aplikasi Pengaturan

  2. Lalu scroll ke paling bawah sampai Anda melihat menu Manajemen Umum

  3. Cari pilihan Pengaturan Pabrik atau Factory Reset pada menu tersebut

  4. Klik Reset

  5. Tunggu sampai HP restart

Nama menu "Manajemen Umum" di setiap brand HP kadang berbeda. Tapi posisi menu ini ada di bagian bawah pengaturan. Jadi coba Anda cek satu per satu dari bawah.

 

Cara Reset Android Lupa Password

Sekarang kalau posisi HP terkunci dan lupa password, lupa pola, atau sidik jari gagal terus, berikut ini adalah cara factory reset yang perlu diikuti.

  1. Matikan dulu HP Anda atau tunggu sampai baterainya habis

  2. Kemudian nyalakan dengan cara menekan tombol Power + Volume Turun bersamaan

  3. Waktu Anda sudah masuk ke menu Recover Mode, arahkan tanda panah ke opsi Wipe Data / Factory Mode

  4. Klik tombol Power sebagai enter

  5. Lalu klik Reset

Untuk metode ini, kombinasi tombol membuka Recovery Mode-nya yang berbeda-beda. Jadi, coba Anda searching dulu bagaimana cara masuk Recovery Mode sesuai brand HP yang dipakai.

 

Dampak Setelah Factory Reset

Seperti yang sudah dikatakan tadi, factory reset akan menghapus semua data di HP kita. Tidak terkecuali data history browser, akun di aplikasi, akun yang tersimpan di browser, dan semua chat di WhatsApp, SMS, dan log telepon.

Tapi, chat dari aplikasi yang disimpan di cloud tidak akan terhapus. Contohnya seperti chat Telegram, Discord, DM Instagram, dan Messenger.

Factory Reset juga akan menghapus semua preferensi, settingan, dan password di HP. Itulah kenapa dengan cara reset factory Android ini kita bisa membuka kembali HP yang lupa password. Satu-satunya pengaturan yang tidak akan berubah hanyalah versi Android bila kita sudah pernah meng-updatenya.

Jadi waktu HP Anda lemot, sekarang sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk cara factory reset Android. Kalau data seperti foto dan videonya tidak mau hilang, Anda bisa backup dulu dengan memindahkan ke flashdisk, memory card, atau di-upload ke Google Drive dan penyimpanan cloud semacamnya.

Rafiqi, S.Kom.
Rafiqi, S.Kom. Saya adalah seseorang yang menyukai design, baik web design atau-pun graphic design yang mencoba menjadi sosok yang lebih baik dan bermanfaat untuk orang lain.

Tidak ada komentar untuk "Cara Factory Reset Android Semua Merek"