5 Cara Mengembalikan Data Terhapus di Laptop, Anti Ribet

www.gurudzgn.com - Bukan masalah baru bagi pengguna laptop mengenai data hilang begitu saja. Namun tidak perlu khawatir, cara mengembalikan data terhapus di laptop dapat dilakukan dengan mudah.

Kamu hanya membutuhkan beberapa software tertentu yang dapat membantu memunculkan kembali data-data yang terhapus. Tapi masing-masing memiliki cara yang berbeda, maka kamu harus mempelajarinya terlebih dahulu untuk menggunakannya sebagai alat pemulihan file.

Cara Mengembalikan Data Terhapus di Laptop

Cara Mengembalikan Data yang Terhapus di Laptop dengan Mudah

Bagi kamu yang ingin mengembalikan file di laptop lakukan dengan tepat jangan sampai salah langkah. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mengembalikan data dengan mudah:

 

1. Pakai Recycle Bin

Recycle Bin menjadi salah satu andalan banyak orang untuk mengembalikan file yang hilang. Cara mengembalikan file yang terhapus di Recycle Bin dengan langkah berikut ini:

  • Pertama, klik tombol start dan buka menu Settings untuk menemukan data di Recycle Bin.

  • Klik Personalization dan pilih opsi Themes. Kemudian klik menu Desktop di sebelah kanan layar.
    Centang checkbox Recycle Bin dan klik OK.

  • Buka Recycle Bin, klik kanan pada data yang ingin dipulihkan, lalu pilih Restore.

 

2. Gunakan CMD

Selain Recycle Bin, kamu juga bisa memanfaatkan CMD sebagai cara mengembalikan data terhapus di laptop tanpa ribet. Bahkan ini bisa membantu kamu menemukan file yang tidak bisa dikembalikan melalui Recycle Bin. Bagaimana caranya?

  • Pertama-tama kamu harus Klik tombol search lalu kemudian ketik CMD kolomnya

  • Lanjutkan dengan klik kanan pada Command Prompt, pilih opsi Run as administrator untuk masuk.

  • Jika sudah, ketikkan chkdsk X: /f.
    Gantikan X tersebut dengan nama drive di mana tempat data kamu tersimpan.

  • Masukkan kode ATTRIB -H -R -S /S /D X:*.*. Lakukan hal yang sama dengan mengganti X jadi nama drive.

 

3. Pakai Fitur File History (Windows 10)

Cara mengembalikan file yang terhapus di komputer juga dapat menggunakan fitur File History. Hanya saja, fasilitas ini cuma ada di sistem operasi Windows 10 dan pengganti Backup and Restore Windows 8 dan 7. Kamu harus melakukan backup data terlebih dahulu agar fitur ini dapat berfungsi mencegah file hilang. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Masuk ke menu Settings, lalu klik Update & Security. Berikutnya, tap Backup dan pilih Add a drive.

  • Klik hard drive eksternal atau partisi yang dibutuhkan.

  • Pencet tombol yang terletak di bawah teks Automatically Backup My Files.

  • Buka menu pencarian (search), ketik File History dan tap ikonnya.

 

4. Gunakan Disk Drill

Alternatif lainnya untuk cara mengembalikan data terhapus di laptop yaitu dengan menggunakan Disk Drill. Meskipun versi gratisnya hanya tersedia 500 MB namun disk drill bisa mengkategorikan hasil pemindaiannya.

Jadi setelah memilih jenis-jenisnya tinggal kamu pilih file yang ingin dikembalikan. Lanjutkan dengan klik Recover All.

 

5. Manfaatkan Recuva

Recuva juga menjadi andalan bagi yang kehilangan data. Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop menggunakan software ini cukup mudah. Menariknya, meskipun tool ini berbayar kamu juga bisa mengunduhnya yang versi gratis. Bahkan fungsinya sama dan bisa kamu gunakan secara free tanpa batas.

Cara memakai Recover, pilih saja partisi penyimpanan tempat asal file. Lalu klik tombol Scan untuk menyalin partisi tersebut. Jika sudah, nantinya software ini akan menunjukkan semua file yang terhapus dari partisi yang dipilih.

Setelah itu, centang checkbox yang terletak pada bagian paling kiri layar untuk mencentang file. Lanjutkan dengan memencet tombol Recovery dan dalam beberapa saat file akan muncul lagi.

Bagaimana gampang kan cara mengembalikan data terhapus di laptop menggunakan berbagai fitur dan software di atas? Jadi, mulai sekarang kamu tidak perlu panik lagi kalau tiba-tiba file terhapus, cukup memahami langkah-langkah penggunaan tools di atas sudah cukup membantu masalahmu.

Jika ada yang perlu di tanyakan silahkan tulis di kolom komentar.

Terimakasih sudah menyimak semoga bermanfaat, dan masalah anda semoga teratasi.

Rafiqi, S.Kom.
Rafiqi, S.Kom. Saya adalah seseorang yang menyukai design, baik web design atau-pun graphic design yang mencoba menjadi sosok yang lebih baik dan bermanfaat untuk orang lain.

Tidak ada komentar untuk "5 Cara Mengembalikan Data Terhapus di Laptop, Anti Ribet"