Cara Mudah Mendesain dan Menjahit Kebaya Merah Wanita Sesuai Bahan Kainnya

Cara mudah mendesain dan menjahit kebaya merah wanita sesuai bahan. Menampilkan kesan simpel sekaligus elegan, kebaya yang kita kenal sekarang ini  sudah ada sejak zaman kerajaan lho. Selain kebaya hadir dalam berbagai model  cantik, kebaya sendiri  juga memiliki keunikan dari segi teknik menjahit yang menarik untuk dipelajari. Pengertian Kebaya Dilihat dari asal usul bahasanya, istilah Kebaya dikatakan berasal dari kata "Abaya", yang berarti baju dalam bahasa Arab.

Ada juga yang percaya bahwa kebaya berasal dari China kemudian menyebar  ke Indonesia, namun tidak sedikit juga yang mengatakan bahwa kebaya sebenarnya asli Indonesia. Bentuk kebaya yang paling sederhana diyakini berasal dari zaman Majapahit. kain penutup tubuh bagian atas yang dipadukan dengan motif Kemben. Kebaya sendiri tercatat sebagai pakaian ketika  Portugis mendarat di Jawa. Dari awal hanya memiliki bentuk yang sederhana, hingga saat ini telah banyak perubahan desain kebaya termasuk motif, siluet, potongan, dan garis  kebaya yang semakin beragam. Bahan yang digunakan  juga semakin beragam, mulai dari bahan brokat, sifon, tulle hingga kain jumputan. Dulu kebanyakan kebaya merah wanita  sering dipadukan dengan sarung, kain batik atau kain songket, namun kini berbagai model kebaya modern yang masih bermunculan juga bisa dikenakan dengan pakaian yang menutupi tubuh bagian atas, tubuh bagian bawah berupa rok, celana panjang dan bahkan jeans.

Anda butuh kebaya yang bagus untuk  wisuda, undangan atau acara penting lainnya, tapi belum menemukan model dan ukuran yang pas? Solusinya anda bisa membuat kebaya sendiri sesuai dengan desain dan ukuran yang anda inginkan. Kami berbagi beberapa tips, yang bisa kamu terapkan untuk membuat kebaya.

Cara Mudah Mendesain dan Menjahit Kebaya Merah Wanita Sesuai Bahan Kainnya


Cara Mudah Mendesain dan Menjahit Kebaya Merah Wanita Sesuai Bahan Kainnya

  1. Siapkan referensi dua model Kebaya yang diinginkan. Untuk memudahkan Anda menemukan modelnya, Anda bisa browsing di internet atau mendapatkan inspirasi dari majalah fashion. Untuk masalah model atau desain kebaya, Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda, tidak peduli kebaya itu digunakan di dalam atau di luar ruangan. Jika Anda ingin membuat kebaya untuk dipakai di luar ruangan, sebaiknya hindari kebaya yang panjang karena akan cepat kotor. Coba rancang model kebaya yang sesuai dengan  usia Anda biasanya kebaya merah lebih cocok untuk semua usia. Pastikan desain dan motif kebaya yang Anda pilih tidak terlihat terlalu kuno atau bahkan kekanak-kanakan. Misalnya jika ingin membuat kebaya wisuda, sebaiknya pilih model kebaya yang agak simpel dan hindari penggunaan payet yang berlebihan. Jika untuk  pesta atau pernikahan, Anda bisa memilih model kebaya merah trendi yang terlihat lebih glamor dan mewah.
  2. Anda perlu menyiapkan bahan untuk kebaya dan juga penutup tubuh bagian bawah. Untuk bahan Kebaya Anda bisa memilih bahan brokat, organza, katun, sutra, sifon, tulle dan jumputan. Jika Anda memiliki sosok yang agak ramping, sebaiknya pilih  kain yang memiliki pola "agak berat". Jika Anda memiliki sosok tinggi, kain  lembut dengan tekstur ringan adalah pilihan yang tepat. Untuk penutup tubuh bagian bawah, Anda bisa menggunakan kain tie dye, kain songket, atau bahan lain yang dijahit menjadi  rok atau dibiarkan seperti sprei. Sebagai lapisan (lining) untuk bagian dalam  kebaya transparan, pilihlah bahan kain yang biasa saja asalkan nyaman dipakai dan bisa menyerap keringat. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran kebaya. Saat membeli kain kebaya, harap perhatikan juga hal-hal penting berikut ini. Pilih warna dasar bahan kebaya yang sesuai dengan warna kulit Anda. Saat memadukan bahan kebaya, pastikan untuk membeli kain  bermotif dan  kain polos. Tentu saja, pola dan warna harus dipadukan. 
  3. Buatlah kebaya sesuai dengan tinggi badan Anda agar kebaya  terasa lebih nyaman saat Anda memakainya. Cobalah untuk tidak mendesain kebaya wisuda atau kebaya untuk keperluan lain terlalu ketat agar tubuh Anda tetap memiliki aliran udara yang cukup. Usahakan untuk membuat kebaya dengan ukuran yang agak longgar dan tidak menonjolkan tubuh Anda, lekukannya terlalu banyak apalagi jika  ingin memakainya dengan hijab. 
  4. Agar mendapatkan kebaya yang bagus dan hasilnya juga memuaskan, penting  untuk memilih penjahit yang tepat. Tidak masalah jika Anda menjahit kebaya dengan cara biasa, asalkan hasilnya bagus, kebaya yang Anda terima juga akan terlihat lebih elegan.
Bagi teman-teman yang suka menjahit dan boleh saja membuat kebaya sendiri sesuai model dan ukuran yang diinginkan.

  1. Siapkan model kebaya yang diinginkan. Misalnya untuk keperluan wisuda, Anda bisa memilih kebaya yang desainnya sederhana namun juga memiliki unsur modern. Dengan memilih model kebaya wisuda yang simpel namun modern, penampilan Anda pasti  akan tampil beda dan menawan. Pola kebaya yang simpel dan modern  juga  memudahkan menjahit karena  tidak memerlukan banyak detail. 
  2. Siapkan juga bahan dasar kebaya. Untuk membuat kebaya, Anda bisa memilih  brokat, organza, katun, sutra, sifon, tulle, dan jumputan. Siapkan juga kain tie dye, kain songket atau bahan kain  lainnya untuk menutupi tubuh bagian bawah. Dengan kebaya yang bahan dasarnya transparan, tambahkan kain bulu yang nyaman dipakai dan bisa menyerap keringat. 

Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan pengukuran tubuh adalah: 

  • Tali ukur atau penggaris.
  • Tali untuk diikatkan di pinggang.
  • Pena dan alat tulis lainnya. 

Bagian tubuh yang harus diukur untuk acuan saat membuat kebaya untuk wanita antara lain: 
  • Panjang tangan diukur dari titik bahu atau pangkal korset. Lengan ke pergelangan tangan atau panjang yang diinginkan. Untuk pengukuran ini, letakkan tangan Anda di samping tubuh dengan sedikit menekuk atau melengkung.
  • Panjang baju diukur dari  bahu ke ujung. Sesuaikan panjang kebaya sesuai kebutuhan. Lebar bahu diukur dari bagian bawah leher  ke titik terendah bahu (di mana bahu dan lengan bertemu). Jangan melebih-lebihkan ukurannya. Lingkar pinggul diukur di sekitar bagian terbesar dari panggul.
  • Caranya adalah dengan memutar pita pengukur dan kemudian mengambil ukuran yang benar. Lingkar ketiak diukur di sekitar ketiak. Lingkar dada diukur dari bagian  dada yang paling penuh kemudian dililitkan ke punggung sampai kembali  ke titik awal. Lingkar pergelangan tangan diukur dengan melilitkan pita pengukur di sekitar pergelangan tangan. Jika Anda kesulitan  mengukur tubuh Anda, mintalah bantuan orang lain.
  • Setelah melakukan pengukuran berikut, Anda tinggal membuat pola kebaya sesuai dengan pola yang Anda inginkan. Proses pembuatan pola kebaya ini kurang lebih sama dengan pembuatan pola blus wanita, dimana pola dibuat terlebih dahulu. Kemudian konsep dasar dikembangkan sesuai dengan model Kebaya. Bagi anda yang ingin membuat pola kebaya sederhana seperti pola kebaya mersh.
  • Setelah Anda menentukan ukuran dan membuat pola kebaya, saatnya Anda mulai menjahit kebaya.

Tips Menjahit Kebaya Merah Berdasarkan Bahan Agar proses menjahit Anda berjalan dengan baik

Penting  untuk selalu menjahit kebaya dengan sangat hati-hati. Karena bahan yang digunakan untuk membuat kebaya berbeda maka metode menjahitnya juga berbeda

Menjahit kebaya dari bahan kain brokat

Kain brokat merupakan bahan kebaya yang kaya akan dekorasi dan terlihat mewah serta elegan. Karena kain ini memiliki tekstur yang agak unik, maka diperlukan teknik khusus untuk menjahitnya. Gunakan rader gundul. Untuk menjahit bagian tertentu kebaya agar jahitan yang dihasilkan terlihat lebih bersih dari luar, gunakan  jahitan belakang (kostum kampuh) untuk mencegah penyusutan.
Setelah menjahit kebaya brokat, bisa langsung dipakai tanpa harus disetrika. Salah satu alasannya adalah karena brokat tidak tahan panas. 

Menjahit kebaya dari bahan kain Organdy

Kain Organdy adalah jenis kain yang memiliki tekstur halus dan mengkilat namun dapat menimbulkan efek bervolume atau mengembang. Kain ini sering digunakan sebagai kebaya karena memberikan kesan mewah yang tidak kalah dengan brokat. Untuk menjahit  organdi menggunakan kertas untuk menutupi kain, setelah mengeluarkan bahan  dari mesin jahit kertas bisa dibuang atau robek kecil dan cukup tajam.

Menjahit kebaya dari bahan kain katun

Kain katun tidak hanya bagus  untuk membuat kemeja, tapi juga bisa digunakan sebagai kebaya. Untuk menjahit kebaya  katun  tekniknya tidak  terlalu sulit, sobat fitinline hanya perlu menyesuaikan setting mesin jahit dan nomor jarum jahit. sesuaikan dengan bahan katun.

Menjahit kebaya dari bahan kain Sutra

Menjahit Kebaya Sutra Tempatkan kain muslin atau kain tisu di bawah lapisan sutera, keliling hingga menjaga bentuk kain agar tidak terpeleset saat memotong .

Siapkan jarum  sutra untuk menyematkan pola ke kain tanpa  merusak permukaan kain. Potong setiap pola satu per satu, memotong dua lapis kain dapat menyebabkan kesalahan pemotongan. Untuk potongan pola dengan lipatan, gambar ulang potongan pola saat dilipat. Jahit potongan kebaya dengan tangan  menggunakan teknik pengolesan. Saat menjahit, gunakan  kertas untuk menutupi kain untuk menjaga kualitas jahitan Kebaya yang dihasilkan.

Pegang kain sutra dengan lurus, lalu jahit dengan kuat namun perlahan. Setelah menjahit kain sutra, buang kertas yang digunakan sebagai alat menjahit kebaya. 

Menjahit kebaya dari bahan kain Chiffon 

Sifat chiffon yang lembut dan tipis membuat kain ini cukup sulit untuk dijahit, sehingga sangat bagus dibutuhkan ketelitian  saat menjahit kebaya untuk wanita.

Untuk menjahit kebaya chiffon, gunakan jarum jahit ukuran 9. Saat menjahit, Anda bisa menggunakan kertas untuk menutupi kain agar kualitas jahitan tetap bagus.

Menjahit kebaya dari bahan kain Tulle

Sebagai bahan kebaya,  tulle merupakan jenis kain yang sangat mudah dikenali karena memiliki ciri  seperti jaring dengan permukaan yang berlubang-lubang kecil seperti  bentuk segi enam atau heksagonal. 

Rafiqi, S.Kom.
Rafiqi, S.Kom. Saya adalah seseorang yang menyukai design, baik web design atau-pun graphic design yang mencoba menjadi sosok yang lebih baik dan bermanfaat untuk orang lain.

Tidak ada komentar untuk "Cara Mudah Mendesain dan Menjahit Kebaya Merah Wanita Sesuai Bahan Kainnya"