4 Ide Kerja Freelance yang Cocok untuk Pemula

4 Ide Kerja Freelance yang Cocok untuk Pemula

INFORMASI kali ini yaitu tentang 4 ide kerja freelance yang cocok untuk kamu para pemula, tanpa harus mempunyai skill atau kemampuan khusus.

Berbicara tentang freelance kebanyakan orang, mungkin juga termasuk kamu akan berpikir bahwa untuk melakukan freelance membutuhkan skill.

Padahal kenyataannya sekarang, apalagi di zaman yang sudah serba canggih dengan kemampuan internet sudah banyak freelance yang bisa kamu pilih.

Nah melalui artikel ini gurudzgn.com ingin berbagi infromasi kepada kamu, mana saja freelance yang tidak membutuhkan skill dan layak, serta terpercaya untuk kamu gunakan.

Sebenarnya, untuk skill itu sendiri kamu bisa mengasahnya secara perlahan. Sehingga seiring berjalannya waktu kamu akan mahir dengan sendirinya.

Paling tidak di sini jika memang kamu berniat untuk menjadi freelance, kamu harus berkomitmen terlebih dahulu. Serta membangun portofolio sebanyak mungkin.

4 Ide Kerja Freelance yang Cocok untuk Pemula

4 Ide Freelance Bagi Pemula

  1. Transcriber

    Nah yang pertama ini adalah transcriber atau transkripsionis. Mungkin di sini ada beberapa orang yang belum tahu tentang transkrip itu apa.

    Jadi transcriber ini adalah salah satu kegiatan di mana kamu itu mendengarkan seluruh audio, entah itu audionya itu adalah audio dialog atau pun monolog.

    Nantinya audio yang kamu dengarkan itu harus kamu transkripkan ke dalam tulisan. Biasanya ada platform khusus atau semacam aplikasi khusus untuk mentranskripkan audio tersebut.

    Jadi kamu tinggal tulis aja! Biasanya untuk transcriber ini project-project transkrip itu membutuhkan orang-orang yang memiliki bahasa yang fasih.

    Kamu bisa mendaftarkan diri dengan project yang bahasa benar-benar kamu pahami. Nantinya kamu yang menjalankan freelance ini juga harus mengikuti standarisasi penulisan yang diberikan.

    Nanti kamu akan dibayar biasanya untuk rata-rata per Project itu tuh sekitar 8 dolar per jam recordnya. Lalu untuk pembayarannya pun beda-beda di tiap platform.

    Kalau misalkan kamu itu daftarnya di tempat A mungkin bayarannya 8 dolar, bisa jadi di tempat lain itu cuman 7 dolar 6 dolar atau bahkan 10 dolar.

  2. Jual Stok Foto

    Freelance yang ini kamu lebih mengarah ke arah fotografi. Kalau misalkan kamu tuh anaknya suka foto-foto terus daripada kamu itu menyimpan foto-foto kamu cuman di HP doang kamu bisa cobain untuk menjual foto-foto itu di sini.

    Kamu bisa menjual foto tersebut di beberapa situs, salah satunya iStock dan GT Image. Apalagi sebelumnya GT Image ini sempat viral dan banyak digunakan orang.

    Di sini kamu tidak perlu berfikiran bahwa harus mempunyai banyak uang untuk membeli kamera mahal dan bagus. Cukup menggunakan HP saja sudah bisa mendapatkan hasil yang bagus, dan bisa dijual.

    Selama foto-foto yang kamu upload itu adalah foto-foto yang lolos kriteria. Contohnya adalah tidak blur, tidak ada kotor bintik-bintik, dan lain sebagainya.

    Kemudian juga fokus dan objeknya itu disesuaikan dengan kriteria-kriteria yang diminta.

  3. Gabung Program Affiliasi

    Ketiga di sini kamu bisa jadi afiliator. Afiliator ini adalah salah satu program untuk seorang influencer ataupun non influencer.

    Di mana kamu itu bisa memasarkan produk dari suatu platform yang nantinya kamu rekomendasikan kepada orang-orang.

    Di sini kamu dapat membagikan link dari platform baik itu melalui media sosial, atau apapun itu.

    Di mana nantinya kalau misalkan orang berhasil membeli barang yang kamu rekomendasikan, maka nantinya kamu akan mendapatkan komisi.

    Tugas kamu di sini hanyalah mendaftar sebagai program partner tersebut, bisa Shopee, Tiktok, Tokopedia atau lainnya.

    Jika nantinya kamu lolos, kamu bisa mulai membagikan produk-produk pilihan dan produk-produk favorit kepada teman-teman terdekat kamu.

    Atau bisa juga bagikan ke umum baik itu lewat media sosial Twitter, Instagram, WhatsApp status, Facebook, dan lain sebagainya.

    Kemudian terkait komisi, nantinya itu bisa beragam-ragam sesuai level dan tingkatan akun kamu.

    Semakin banyak orang berbelanja menggunakan link yang kamu bagikan, maka akan semakin banyak pula komisi yang bakal kamu dapatkan.

  4. Content Writer

    Freelance yang terakhir bisa menjadi seorang penulis lepas atau content writer. Sekarang banyak sekali platform yang membutuhkan penulis-penulis lepas dengan tema mudah dan ringan.

    Sehingga kamu bisa mengasah kemampuan menulismu seiring waktu berlalu, kamu akan bisa beranjak mulai dari tugas yang ringan hingga ke tugas yang lumayan sulit. Pastinya hal itu sesuai dengan kemampuan menulismu.

    Maka dari itu kamu tidak perlu mengkhawatirkan tentang skill menulis yang tidak ada, tidak pernah menulis, atau lain sebagainya. Semuanya bisa dicoba dari awal dan misi terendah dahulu.

    Adapun beragam tema atau genre yang bisa kamu temukan seperti otomotif, beauty, healthy lifestile, pendidikan, politik, dan lainnya. Terserah kamu mau memilih tema yang mana, yang paling penting kamu bisa menguasai misi dengan baik.

Sekian informasi terkait 4 ide freelance di tahun 2023 yang paling banyak diminati orang-orang. Ide ini pun bisa kamu coba, semoga informasi ini dapat membantu.

Rafiqi, S.Kom.
Rafiqi, S.Kom. Saya adalah seseorang yang menyukai design, baik web design atau-pun graphic design yang mencoba menjadi sosok yang lebih baik dan bermanfaat untuk orang lain.

Tidak ada komentar untuk "4 Ide Kerja Freelance yang Cocok untuk Pemula"